Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Mengatasi Mesin Cuci 2 Tabung Dengan Pengering Yang Tidak Mau Berputar - Hai kawan-kawan semua, pada kesempatan yang lalu saya telah mengulas tentang Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Yang Bergetar Keras. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Yang Pengeringnya Tidak Berputar. Ada yang mengalami masalah serupa? Kalau Anda salah satunya, yuk pantengin terus artikel ini hingga selesai untuk mengetahui solusinya!

Ada bayak kasus tentang mesin pengering yang tidak mau berputar. Pada pembahasan kali ini, saya akan mengulas mesin pengering yang tidak mau berputar pada mesin cuci 2 tabung. Sebagai ilustrasi berikut ini merupakan gambar mesin cuci 2 tabung merk Sharp.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar
Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Berdasarkan para sesepuh di dunia teknisi mesin cuci, sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak mau berputar. Namun hal yang paling umum menjadi penyebab utama masalah diatas ialah karena adanya gangguan yang menyebabkan daya listrik tidak sampai pada motor pengering. Nah, untuk itu perlu kita selidiki lebih lanjut apa yang menjadi penyebab listrik terputus dan tidak sampai pada motoran pengering.

PENYEBAB PENGERING MESIN CUCI TIDAK BERPUTAR


Pada beberapa kasus, biasanya listrik tidak sampai pada motoran dryer atau pengering karena adanya kabel yang terputus. Penyebab dari kabel terputus ini sangat bervariasi, bisa karena usia kabel yang sudah tua sehingga rapuh dan putus, bisa juga karena kabel digigit tikus sehingga menjadi terputus, maupun karena penyebab yang lain.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba memperbaiki sendiri pengering mesin cuci Anda yang tidak mau berputar, pada pembahasan berikut saya akan berikan langkah-langkah yang sekiranya mudah untuk dipahami dan dipraktekan. Simak ya.

Yang paling pertama ialah, buka kap atas mesin. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya sebelah mana kap atas mesin? Oke, perhatikan gambar ilustrasi mesin cuci berikut ini. Yang dilingkari kuning ialah lokasi kap atas mesin.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Yang Tak Berputar
Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Yang Tak Berputar

Baiklah lanjut kembali, untuk bisa melepas kap atas mesin pada mesin cuci, kalian harus melepas sekrup atau baut lancip yang menempel. Pada mesin cuci merk Sharp biasanya terdapat 4 buah sekrup, sedangkan pada mesin cuci merk Sanken biasanya terdapat 3 buah baut yang menempel pada bagian belakang. Setelah sekrup dan baut dilepas, simpan baik-baik untuk mempermudah saat pemasangan kap kembali.

Setelah semua sekrup atau baut terlepas, kini saatnya Anda melepaskan kap atas mesin. Bagi yang pertama kali melakukan proses ini, mungkin akan merasa sedikit kesulitan karena kap atas ini terasa keras saat hendak dilepas. Cobalah berusaha membukanya dengan perlaha namun tetap bertenaga.

Kap atas mesin cuci ini terasa keras saat hendak dilepas karena pada bagian sisi-sisinya terdapat klem. Untuk mempermudah Anda melepaskan kap mesin cuci, Anda dapat menggunakan bantuan obeng untuk mencongkel sisi-sisinya. Lakukan secara perlahan.

CARA MENGATASI PENGERING MESIN CUCI 2 TABUNG YANG PENGERINGNYA TIDAK MAU BERPUTAR


Nah, setelah kap mesin atas mesin cuci telah terbuka, cobalah untuk memeriksa bagian dalamnya dengan teliti. Periksa baik-baik apakah ada kabel yang terputus? Bagian yang perlu diberi perhatian biasanya ialah kabel di sekitar timer pengering lalu dirunut terus hingga ke arah switch pengaman. Adakah kebal yang putus?

Biasanya, untuk kasus mesin cuci yang tabung pengeringnya tidak mau berputar pada mesin cuci 2 tabung, ada kabel yang terputus dan lokasinya tepat di daerah lubang kabel menuju ke arah kap. Nah, penyebab kabel putus tersebut biasanya bukan karena usia kabel sudah tua, namun karena kabel digigit tikus. Berikut ini penampakan lokasinya!

Cara Mengatasi Pengering Tidak Mau Berputar Pada Mesin Cuci 2 Tabung
Cara Mengatasi Pengering Tidak Mau Berputar Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Jika ditemui ada kabel yang terputus, Anda dapat menyambungkannya kembali menggunakan isolasi. Jika ada lebih dari 1 kabel yang terputus, Anda dapat menyambungkannya sesuai dengan warna masing-masing. Bagi yang merasa ragu-ragu, Anda dapat melihat skema rangkaian elektronik yang biasanya ada dibagian bak belakang mesin cuci.

Ingat, karena nantinya kabel-kabel tersebut akan dialiri listrik, jadi pastikan Anda menyambungnya dengan hati-hati. Pastikan semua serabutnya tersambung dengan rapi dan dibungkus dengan isolasi listrik yang baik agar kabel tidak panas saat nantinya dilalui listik.

Semua kabel sudah disambungkan, kini saatnya Anda melakukan uji coba apakah pengering mesin cuci sudah mau berputar atau belum. Jika belum, coba Anda baca-baca lagi artikel saya yang mengulas tentang cara memperbaiki pengering mesin cuci 2 tabung yang tak mau berputar. Semoga ulasan Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Pada Mesin Cuci 2 Tabung ini bermanfaat bagi Anda sekalian.

Bagi yang merasa sudah putus asa dengan mesin cuci yang tidak bisa diperbaiki lagi, mungkin ini saatnya Anda mengganti mesin cuci Anda yang lama dengan mesin cuci yang baru. Jangan ragu untuk mengecek harga mesin cuci terbaru sebagai bahan refensi guys!